Blog

Mengenal Kaos Katun

Ada banyak jenis kaos yang beredar dipasaran, salah satunya kaos katun atau cotton. Kaos cotton atau kaos berbahan katun umumnya paling banyak digemari orang-orang. Bahan kaos cotton itu sendiri terdiri dari 2: yakni Cotton Combed dan Cotton Cardet.

Pada dasarnya cotton combed dan cotton carded memiliki daya serap keringat yang cukup baik karena keduanya sama-sama terbuat dari serat kapas. Lho, lalu apa yang membedakan?

Jadi, kain cotton combed itu sudah melalui serangkaian proses penyisiran (combing). Apa proses combing itu? Proses penyisiran atau combing adalah serangkaian proses untuk mendapatkan serat kapas yang berkualitas. Serat kapas akan disisir dari kotoran yang terlewat dari proses sebelumnya, serta serat kapas yang pendek akan dibuang atau dikeluarkan sebelum dipintal menjadi benang katun.

Inilah mengapa kaos cotton combed memiliki serat benang yang halus dan rata. Berbeda dengan kaos yang menggunakan bahan cotton carded, karena tidak melalui tahap penyisiran. Sehingga kaos berbahan carded memiliki serat benang yang kurang halus dan kurang rata. Hal ini menyebabkan bahwa kaos katun carded lebih murah dari kaos katun combed. Umumnya, cotton carded digunakan untuk kaos pabrik, seragam buruh, atau kaos polos olahraga. Untuk ketebalan perajutan tidak ada yang membedakan antara kaos bahan cotton combed dan cotton carded. Indikator nya terdiri dari angka 20s, 24s dan 30s. Semakin kecil angkanya semakin tebal bahan kaos tersebut, begitu pula sebaliknya.

Yups, itulah pembahasan tentang kaos katun. Intinya tahapan pembuatan yang menjadi pembedanya. Kalau diminta pendapat mana yang lebih nyaman antara kaos cotton combed dan cotton carded, yaaa balik lagi keselera masing-masing orang, bukan begitu, sobat yancubers?

 

Related posts

Leave a Comment