Blog

3 Brand Fashion Asli Indonesia yang Mendunia

Indonesia bisa dikatakan sebagai negara yang Konsumtif di dunia, menurut data Badan Pusat Statistik per Maret 2018 (data terus diupdate*), data pengeluaran untuk komoditas non makanan semisal pakaian saja mencapai 10,18 persen. Hal ini bisa dilihat dari kehidupan sehari – hari masyarakat kita yang melakukan transaksi pembelian perharinya. Sandang/pakaian memang menjadi kebutuhan primer masyarakat, berbagai macam produk baik itu brand lokal maupun non lokal dijajakan di tiap-tiap toko pakaian yang ada di pusat perbelanjaan.

Namun tahukah, sobat yancubers, berbicara soal brand pakaian, kita kerap tidak menyadari bahwa brand yang pernah kita beli atau pakai ternyata merupakan produk buatan asli anak bangsa, bahkan sudah mendunia. Lalu, brand-brand apa saja kah itu? berikut ini ada 3 brand asli buatan Indonesia yang dikira milik luar negeri yang wajib diketahui.

1. Lea Jeans
Pasti banyak yang mengira bahwa produk yang satu ini merupakan brand dari Amerika Serikat. Dikarenakan logo, situs, dan iklannya saja menggunakan bahasa dan model-model asing. Ternyata tidak disangka, brand Lea Jeans ini merupakan asli buatan Indonesia lho, sobat yancubers!

Dirintis di tahun 1976, PT Lea Sanent perusahaan yang manaungi brand Lea Jeans menjelma menjadi brand dengan produk berbahan denim terbaik di Indonesia. Tidak hanya mengekspansi pasar lokal, Lea Jeans juga telah merambah ke pasar internasional seperti Singapore, Korea Selatan, dan Hongkong.

2. The Executive
Jika sobat yancubers pernah membeli pakaian formal seperti kemeja, celana bahan dan jas; mungkin brand yang satu ini merupakan salah satunya. yap, The Executive.

Siapa sangka brand The Executive ini ternyata asli buatan lokal lho sobat yancubers. Pada awal kemunculanya, produk-produk dari brand ini lebih mengkhususkan untuk segmen pekerja kantoran terutama eksekutif pria. Seiring berjalanya waktu, The Executive sudah menghasilkan banyak produk busana kerja tidak hanya untuk pria saja, namun juga untuk wanita. Pada tahun 1984, PT Delami Garment Industries mulai mengakusisi brand Executive99 yang saat itu menjadi pemimpin pasar celana pria. Kini, The Executive telah merambah di pasar internasional salah satunya pasar ASEAN dengan membuka cabang di Malaysia.

3. Eiger
Yang terakhir adalah Eiger, Bagi sobat yancubers yang hobi naik gunung, tentu sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini. Mendominasi pasar fashion outdoor, Eiger sukses manggaet komunitas pecinta alam. Terinspirasi dari nama gunung yang berada di Swiss, Eiger ternyata produk asli buatan Indonesia.

Berbasis di Bandung, PT Eigerindo Multi Produk Industri telah menjelma menjadi brand outdoor yang diperhitungan. Desain-nya yang simpel serta kebanyakan dari produk-nya unisex menjadikan brand ini dapat diterima masyarakat. Produk dari Eiger juga telah memperoleh pengakuan bergengsi, salah satunya terdaftar dalam 250 merek asli Indonesia oleh majalah SWA. Tidak hanya tas, Eiger kini mengembangkan produknya di jaket, kemeja, topi dsb. Disamping menguasai pasar domestik, Eiger sudah merambah ke pasar mancanegara antara lain, Singapore, Jerman hingga Amerika Serikat.

Baca Juga : Apa itu Hypebeast?

Related posts

Leave a Comment